Ibu Okky, Dosen Teknik kimia Cantik Penjual Nasi Bungkus

Ibu Okky, Dosen Teknik kimia Cantik Penjual Nasi Bungkus

Okky dan nasi bungkus pesanan

Okky Putri Prastuti S.T., M.T., merupakan dosen Departemen Teknik Kimia di Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)

Siapa sangka bahwa wanita cantik yang tiap pagi mengantarkan nasi bungkus ke beberapa ruangan di kampus adalah dosen? Okky Putri Prastuti S.T., M.T., merupakan dosen Departemen Teknik Kimia di Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Wanita yang akrab disapa Okky ini pandai melihat peluang bisnis dan tak malu memulainya dari awal.

“Dibuat seneng aja,” itulah motivasi yang tertanam pengajar muda berusia 24 tahun ini. Beliau selalu memiliki cara agar tetap mencintai setiap kesibukannya. Selain memiliki semangat seorang pengajar, beliau juga sosok low profile. Hal ini terlihat ketika setiap pagi beliau mengantarkan nasi bungkus untuk dosen di UISI.

“Awalnya dari kuliah karena saya itu suka mbontot (red: membawa bungkusan), terus karena pergantian jam terlalu cepat, dan kantin sering ramai, ada yang minta nitip masakan mama saya,” ujar lulusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini. Nasi yang terjual awalnya hanya dua dan terus berkembang sampai puluhan. Kebiasaan berjualan nasi bungkus ini terbawa sampai sekarang meski Okky adalah dosen.

Ternyata bakat Okky dibidang marketing dimulai sejak bangku sekolah dasar. Okky menawarkan jasanya untuk memfoto dan mencetak lalu dijual pada teman sebayanya. Saat SMP beliau pernah berjualan roti kering.

Tak hanya cantik dan pandai berbisnis, Okky merupakan lulusan program fast track atau akselerasi tahap sarjana dan master di ITS. “Jadi pada waktu semester tujuh dan delapan itu, saya juga menempuh jenjang S2 semester satu dan dua,” jelas penerima penghargaan cumlaude pendidikan sarjana ini. Selain kuliah, Okky juga menyempatkan untuk memberikan les gratis ke anak-anak putus sekolah di daerah Surabaya.

Selepas kuliah, Okky sempat bekerja di perusahaan. Tak genap setahun, Okky lebih memilih untuk menempuh kariernya di UISI yang merupakan universitas baru. “Disini itu pengalamannya lebih banyak, makin tertantang dari awal, dan berasa ini universitasku, jadi rasanya itu asik” lanjut dosen berambut panjang ini.

“Dosen itu penerang mahasiswa,” ujar Okky ketika ditanyai arti seorang dosen bagi dirinya. Okky menambahkan bahwa dosen itu selain memberikan materi, juga harus memupuk dan memberikan nilai moral. Serta mendukung mahasiswa untuk menemukan passion-nya dalam mengikuti budaya kampus yang positif. (far/efn)

Leave A Comment