History

Pendidikan tinggi teknik kimia merupakan salah satu program studi untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan kompeten di bidang teknik kimia, sehingga hal ini menjawab tantangan yang selalu timbul dalam dinamika yang terjadi pada industri kimia.

Program studi teknik kimia dibawah naungan universitas Internasional Semen Indonesia. Program studi teknik kimia  berdiri dari tahun 2014. Pengembangan kualitas dan kuantitas, sarana dan prasarana terus dilakukan sehingga program studi teknik kimia berhasil mendapatkan akreditasi BAN-PT. Saat ini program studi teknik kimia sedang berproses menuju akreditasi Baik Sekali. Proses ini meliputi, penugasan dosen studi lanjut, mendorong luaran jurnal dan paten baik dosen maupun mahasiswa, meningkatkan keterampilan softskill dan hardskill mahasiswa dan berbagai kerjasama lainnya.

Adapun sistem pembelajaran di program studi teknik kimia didukung best practice proses produksi semen yang ada di Semen Indonesia Group. Sehingga mahasiswa mampu mempelajari proses pengolahan semen, mulai dari bahan baku, clinker, hingga menjadi produk semen.

Program Studi Teknik Kimia telah membina para lulusan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan dari berbagai daerah di Indonesia. Sampai tahun 2021, program studi teknik kimia telah meluluskan sarjana S1 dengan mutu baik dan telah bekerja di berbagai instansi pemerintah maupun swasta.