What is Chemical Engineering?

Program Studi Teknik Kimia Universitas Internasional Semen Indonesia merupakan pendidikan jenjang Sarjana (S1) yang mempelajari teknologi perancangan proses dan pabrik. Perancangan proses dan pabrik mempertimbangkan aspek ekonomi, keamanan dan lingkungan. Perancangan proses terdiri dari perancangan proses (i) penyiapan dan penanganan bahan baku; (ii) reaksi kimia; (iii) pemisahan; (iv) pertukaran panas; dan (v) penanganan dan pengemasan produk. Ilmu perancangan proses berguna dalam analisis dan evaluasi proses yang sudah ada serta pengembangan proses baru.

Perancangan pabrik secara garis besar terdiri dari : (i) analisis pasar dan penetapan kapasitas produksi; (ii) penyusunan neraca massa dan energi; (iii) perancangan peralatan proses; (iv) perancangan sistem utilitas; (v) perancangan sistem instrumentasi; (vi) penetapan lokasi dan perancangan tata letak; (vii) penyusunan struktur organisasi; dan (viii) analisis ekonomi. Perancangan pabrik dilakukan pada proses yang melibatkan reaksi kimia seperti proses produksi semen, pengilangan minyak bumi, proses produksi petrokimia dan proses fermentasi.

Proses pembelajaran di Program Studi Teknik Kimia dilakukan untuk mengembangkan aspek kognitif, psikomotorik dan sikap. Untuk mengembangkan ketiga hal tersebut, proses pembelajaran dilakukan melalui aktivitas di dalam kelas dan di luar kelas. Aktivitas di dalam kelas berupa kuliah dan praktikum. Praktikum dapat berupa pelaksanaan percobaan di laboratorium atau simulasi proses dengan menggunakan software. Aktivitas di luar kelas diantaranya kunjungan industri, studi ekskursi dan magang.